Brand Mewah dan Pengaruh K-Pop: Strategi Sukses Menunjuk Brand Ambassador
Merek dagang biasanya menunjuk brand ambassador untuk memasarkan produknya. Popularitas selebriti dari Korea Selatan saat ini telah meningkatkan kepercayaan dari berbagai merek mewah untuk menjadikan mereka sebagai Brand Ambassador atau Global Ambassador mereknya.
Sebut saja Dior, yang menggandeng Jisoo Blackpink sebagai Brand Ambassador-nya. Dilansir dari WWD, selama beberapa tahun terakhir, peningkatan penjualan Dior terus meningkat hingga 8 kali lipat di setiap event Dior yang dihadiri oleh Jisoo.
Hal yang sama juga dialami oleh Dior ketika mengumumkan Jimin BTS sebagai Global Ambassador pada 16 Januari lalu. Di hari yang sama, harga saham Dior naik menjadi EUR775,50 atau sekitar Rp12,69 juta (asumsi rupiah 16.385 per euro) dan menjadi rekor saham tertingginya sejak 31 tahun lalu.
Dengan menggandeng idola K-Pop, penggemar bahkan banyak orang dapat dengan mudah mengenali merek tersebut. Secara tidak langsung, fenomena ini menunjukkan betapa besarnya pengaruh idola K-Pop dalam mempengaruhi selera fashion masyarakat dunia secara luas.
Baca juga : Siapa It Girl K-pop
Alasan Brand Mewah Memilih Idola K-Pop
Dilansir dari Koreaboo, ada dua alasan utama mengapa sebuah merek mewah memilih idola K-Pop sebagai Brand Ambassador atau Global Ambassador-nya. Bahkan merek perhiasan asal Prancis, Cartier, rela menggandakan kontraknya untuk menggandeng Jisoo Blackpink sebagai Global Ambassador mereka.
1. Budaya Influencer dan Popularitas Global
Sebagai artis mendunia, idola K-Pop telah mendapatkan pengakuan yang luas dari seluruh penjuru dunia. Hal ini dapat mendatangkan demografi pelanggan baru dan mempengaruhi generasi muda untuk ikut menggunakan barang-barang mewah.
2. Loyalitas Penggemar yang Kuat
Penasihat real estate Nick Bradstreet mengungkapkan bahwa Korea telah membuat langkah signifikan dalam industri brand mewah, yang mampu melampaui Jepang dan China untuk menjadi pasar terpenting di Asia.
Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Bernstein, sebuah perusahaan investasi Amerika, Seoul merupakan surga bagi merek-merek mewah global dengan total 221 gerai, menempati peringkat kedua di dunia setelah Tokyo. Dengan ini, Korea telah menjadi barometer penting untuk menentukan apakah merek mewah akan berhasil atau tidak di pasar Asia.
Dampak Ekonomi dan Tren Gaya Hidup
Meskipun popularitas para idola K-Pop telah membantu meningkatkan penjualan merek-merek mewah melalui loyalitas penggemar, Korea Selatan sebagai negara konsumen merek-merek mewah tentunya dapat memberikan pengaruh yang lebih besar di dunia fashion.
Menariknya, tren global seperti judi bola juga menunjukkan bagaimana budaya hiburan dan gaya hidup saling berhubungan. Banyak penggemar K-Pop yang juga tertarik dengan tren lain di dunia digital, termasuk taruhan olahraga, sebagai bagian dari fenomena budaya pop yang lebih luas. Pengaruh idola K-Pop dalam gaya hidup penggemar mereka semakin menunjukkan bahwa mereka bukan hanya bintang musik, tetapi juga ikon global yang mampu menggerakkan berbagai industri secara bersamaan.
qt4kp6